Artikel

6 Tips Mencegah Website Terkena Hack

tips website terhindar serangan hacker

Di artikel kali ini aku akan membahas 6 Tips yang akan membuat website kamu terhindari dari hack. Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi maka semakin banyak juga ancaman yang muncul, salah satunya adalah website hacking

Tentu saja kamu akan mengalami kerugian yang besar kalau website kamu terkena hack, lalu apakah ada cara untuk menghindari website hacking? Pastinya ada banget dan dengan mengetahui apa penyebab website bisa terkena hack maka kita bisa menghindari dan membuat web kita lebih aman. Berikut adalah 6 tips mencegah website terkena hack.

Gunakan Theme dan Plugin Original

Jangan menggunakan plugin atau theme bajakan, karena itu sangat berbahaya. Bisa saja theme bajakan tersebut sudah di inject script yang berbahaya bagi keamanan website kamu. Hal tersebut bisa membuat celah di website kamu bagi orang lain untuk mencuri data dari website kamu. 

Gunakan User Login yang Kompleks

Kedua jangan menggunakan username dan password yang mudah ditebak. Username dan password haruslah kompleks agar orang lain tidak bisa mencoba masuk ke website kamu. Maka dari itu buatlah username dan password yang rumit dan mudah kamu ingat agar orang lain tidak bisa masuk ke website kamu secara mudah. Akan lebih baik lagi password menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil dan juga gunakan simbol-simbol seperti # $ @ dan sebagainya.

Pastikan PC/Laptop Memiliki Antivirus

Kamu juga perlu memastikan bahwa komputer yang kamu gunakan untuk membuat website sudah terpasang anti-virus dan bukan anti-virus yang bajakan ya. Kenapa demikian? karena kamu bisa terinfeksi virus dari file yang kamu upload ya sebelumnya secara tidak sadar sudah terjangkit virus dari komputer kamu. Maka dari itu pastikan komputer kamu memiliki arti virus yang terupdate dan original.

Gunakan Koneksi Internet Private

Hindari public wi-fi, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan koneksi jaringan apalagi di tempat umum. Jika menggunakan publik wi-fi biasanya setiap memasukkan password ke dalam website dan membuat password tersebut akan tercatat di log activity pemilik jaringan. Maka dari itu untuk keamanan website dan data kamu sebaiknya hindari penggunaan public wi-fi dan mulai gunakan jaringan kamu sendiri, seperti modem pribadi atau personal hotspot yang aman.

Lakukan Maintenance Berkala

Tips berikutnya agar website terhindar serangan hacking adalah melakukan maintenance website. Kamu harus melakukan maintenance secara teratur agar website kamu memiliki keamanan yang terus ditingkatkan agar tidak terdapat celah yang bisa digunakan hacker untuk menghack website. Salah satunya bisa dengan mengupgrade theme atau plugin yang digunakan.

Pilih Penyedia Server & Hosting yang Memiliki Kredibilitas Baik

Tips yang terakhir adalah server. Server memiliki peran penting terhadap berdirinya sebuah website. Jika salah dalam memilih server yang memiliki performa buruk, pasti mempengaruhi website yang sudah ada di dalamnya. Tapi kamu nggak usah khawatir kalau kamu menggunakan vps. Ada banyak sekali penyedia layanan server baik lokal maupun internasional yang bisa Anda pilih. Jadi jangan hanya sekedar memilih penyedia jasa server & hosting dengan harga murah saja ya.

Nah itu tadi 6 hal yang dapat kamu lakukan agar website terhindar dari serangan hacker. Selain 6 hal diatas, memilih jasa pembuatan website pun harus dipilih secara bijak ya. Pastikan si penyedia jasa pembuatan website menyertakan fitur keamanan yang canggih seperti salah satu penyedia jasa pembuatan website profesional dari ultimatoom.com

Ziantara Ultima Sakti adalah agency digital marketing yang telah berpengalaman dalam mengelola dan membuat berbagai perangkat digital. Tentunya dengan kinerja profesional, menggunakan teknologi terbaru dan sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *